Breaking News
Loading...

Sunday 19 March 2017

Malakukan Perawatan Pada Komputer Dengan Baik dan Benar

Cara Malakukan Perawatan Pada Komputer Dengan Baik dan Benar

Untuk kita yang memiliki runtinitas padat pada komputer tentu harus memiliki tips dan trik Cara Malakukan Perawatan Pada Komputer Dengan Baik dan Benar.

Saya selaku admin di Inspiratif selalu melakukan perawatan pada komputer, hal ini bertujuan agar komputer yang kita gunakan tetap dalam kondisi yang power full.

Perawatan ini selain berguna untuk mejaga kestabilan pada komputer, perawatan pada komputer akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada kompter atau laptop yang kita gunakan.

Kita dapat memulainya dari aspek luar komputer yaitu pembersihan pada CPU

Kebersihan CPU adalah salah satu point utama yang harus kita jaga dari segala macam bentuk yang akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen penting pada komputer.

Bersihkanlah CPU minimal 3 Minggu sekali dengan menggunakan Koas lembut yang bisa anda dapatkan dengan cara memberli, gunakan koas tersebut secara perlahan untuk membersihkan CPU dari debu-debu yang menempel di motherboat ataupun komponen-komponen lainnya.

Jangan membersihkan CPU dengan kompresor angin yang memiliki tekanan tinggi, hal ini malah akan membuat kerusakan pada CPU, tekanan angin yang kuat di khawatirkan akan membuat debu-debu kecil masuk ke dalam wadah procesor pada CPU anda dan komponen-komponen penting lainnya.


Selanjutnya kita masuk dalam kategori software yang terinstall pada komputer atau laptop anda.


SOFTWARE UTILITIES

Gunakan Software utilities pada komputer anda, maksimal  2 software utilities terbaik.

Fungsi dari software utilities ini akan membersihkan sisa-sisa junk file yang terdapat dalam system operasi komputer anda, sisa-sisa junk file dalam komputer anda disebabkan dari sisa uninstall sebuah software yang masih tersimpan di dalam windows anda.

Tentunya hal ini akan membuat kinerja pada komputer anda semakin memburuk, gunakan software utilities maksimal 2 buah software yang terisntall pada komputer anda.

Jika anda menginstall lebih dari 2 buah software utilities maka hal ini akan memperburuk kinerja pada komputer anda, selain softaware utilities ini memiliki cara kerja yang sama, software utilities yang banyak terinstall pada komputer anda akan saling bertumburan dalam meng-scan sisa-sisa junk file yang terdapat pada windows anda, dan juga akan memakan space RAM lebih banyak.

Tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan komputer atau laptop anda.


SOFTWARE ANTIVIRUS

Software anti-virus selain dapat melindungi komputer anda dari serangan berbagai macam virus namun software anti-virus bisa memperlambat kinerja pada komputer anda.

Gunakan softaware anti-virus yang ringan dan memiliki sistem kerja yang tidak terlalu over, anti-virus yang memiliki sistem kerja over, akan membuat kompter anda seperti sedang terserang virus, padahal tidak terdapat virus di dalamnya.

Tentunya hal ini akan menjadi SPAM pada komputer anda, dan akan memperlambat kinerja pada komputer anda.

Gunakan software anti-virus maksimal 2 buah software, gunakan anti-virus yang dapat melindungi komputer dalam keadaan offline maupun online.


SOFTWARE DEFRAGMENT HARD DISK

Software ini akan berguna untuk kelangsungan pada hard disk komputer anda, gunakan software defragment hard disk cukup 1 buah software saja, karena fungsi dari software ini hanya memiliki cara kerja yang seluruhnya terfokus pada seluruh file di dalam hard disk anda.

Software ini berguna untuk merapihkan seluruh isi file yang terdapat di dalam hard disk anda, dan akan mempercepat kinerja pada hard disk komputer anda.

Lakukan defragment pada hard disk maksimal 2 kali dalam 1 bulan, jika anda melakukan defragment pada hard disk anda secara berlebihan, hal ini akan membuat kinerja pada hard disk anda menurun dan akan berakibat kerusakan pada sistem bad sector pada hard disk anda.


UNSINSTALL SOFTWARE YANG TIDAK DI BUTUHKAN

Terkadang kita sering menemukan sebuah software yang tidak kita kenali yang sudah terinstall pada komputer atau laptop kita.

Hal ini terjadi karena ketika kita menginstall suatu software dan secara tidak sengaja software-software lain juga ikut terinstall.

Dan biasakan ketika menginstall suatu software lakukan dengan keadaan offline, hal ini dapat meminimalisir terjadinya software lain yang ikut terinstall pada saat kita menginstall suatu software.

Sebuah software asing yang ikut terinstall pada komputer kita tentu akan membawa dampak buruk pada  kinerja komputer kita, selain akan memakan space RAM, tentu hal ini akan memakan space di dalam windows kita, dan akan memperlambat kinerja komputer kita.

Software-software tersebut sudah cukup untuk menjadi alat yang dapat kita gunakan dalam perawatan pada komputer atau laptop kita.


Selanjutnya adalah cara yang tepat untuk pengoperasian software-software tersebut.

SOFTWARE UTILITIES

Gunakan software utlities ini 2 kali dalam seminggu, scan seluruh isi dalam windows anda, dan bersihkan dari segala jenis junk file dan sisa-sisa cookies history pada peramban browser anda.

Hal ini selain dapat mempercapat kinerja pada peramban browser anda, hal ini juga akan membuat komputer anda selalu dalam keadaan yang power full.


SOFTWARE ANTIVIRUS

Lakukan scaning secara menyeluruh pada komputer anda maksimal 2 kali dalam 1 minggu, usahakan lakukan scaning dalam keadaan komputer tidak dalam aktivitas lainnya.

Hal ini selain dapat melindungi komputer anda dari serangan berbagai macam virus, hal ini tentunya akan meminimalisir terjadinya virus yang berhasil masuk dan mengendap di dalam hard disk pada komputer atau laptop anda.


SOFTWARE DEFRAGMENT HARD DISK

Lakukan defragment pada hard disk maksimal 2 kali dalam 1 bulan, jika anda melakukan defragment pada hard disk anda secara berlebihan, hal ini akan membuat kinerja pada hard disk anda menurun dan akan berakibat kerusakan pada sistem bad sector pada hard disk anda.

Fungsi dari defragment hard disk ini akan mempercepat kinerja pada komputer atau laptop anda, dan akan membuat kinerja pada hard disk dalam kondisi yang power full.


Dan ini adalah cara-cara yang selalu saya lakukan terhadap komputer yang sedang saya gunakan, dan hasilnya sangat memuaskan, dan juga meminimalisir terjadinya kerusakan pada komputer yang saya gunakan.

Artikel Terkait